Peluang Kerja Manajemen Informatika dengan Prospek Menjanjikan

Di berbagai media massa, kamu akan sangat mudah menemui iklan peluang kerja manajemen informatika untuk tingkat pendidikan S1 maupun S2. Banyaknya peluang kerja untuk lulusan jurusan manajemen informatika ini membuat jurusan ini mempunyai banyak sekali peminat. Di berbagai universitas ternama seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, dan deretan universitas ternama lainnya, jurusan manajemen informatika memiliki passing grade yang tinggi. Calon mahasiswa yang berminta dengan program ini harus bersaing dengan ketat agar berhasil mengalahkan saingannya.

Luas Peluang Kerja manajemen informatika

Sebelum mebahas lebih lanjut mengenai peluang kerja manajemen informatika, terlebih dahulu anda harus mengetahui mengenai apakah manajemen informatika itu. Informatika adalah ilmu yang mengkaji mengenai perangkat, sistem alat, untuk menyampaikan, meyebarkan, maupun mendistribusikan informasi. Kata kunci dari manajemen informatika adalah mengenai informasi. Fokus dari kajian manajemen informatika adalah cara menghasilkan informasi tersebut. Jadi, informatika merujuk pada perangkat untuk menghasilkan informasi yaitu berbagai jaringan dan telekomunikasi, misalnya komputer. Pada era globalisasi ini perkembangan teknologi informatika sangat pesat, sehingga bidang ini pun banyak dibutuhkan dalam lapangan pekerjaan.

Selanjutnya akan dibahas mengenai peluang kerja sarjana manajemen informatika yang sangat prospektif. Profesi pertama adalah programmer, dapat dikatakan sebagai peluang kerja manajemen informatika yang paling banyak ditemui. Pada dasarnya, sarjana lulusan manajemen informatika sangat identik dengan kemampuan pembuatan program. Perangkat lunak pada komputer merupakan program yang dapat dikembangkan oleh lulusan manajemen informatika. Berbagai instansi membutuhkan programmer handal, misalnya pertelevisian, industri, media, perbankan, pemerintahan, sekolah, dan masih banyak lagi. Programmer merupakan salah satu profesi dengan prospek masa depan yang cerah untuk sarjana manajemen informatika.

Besar Peluang Kerja manajemen informatika

IT Consultant atau konsultan TI merupakan peluang kerja manajemen informatika selanjutnya yang memiliki prospek baik di masa depan. Seseorang yang mendalami seluk beluk dunia Teknologi Informasi akan memahami berbagai teori dan bahasa pemrogaman. Ia juga akan memiliki kemampuan mumpuni untuk membuat berbagai program komputer yang sangat canggih. Oleh karena itu, sarjana manajemen informatika dapat menggeluti profesi konsultan TI. Profesi yang satu ini dapat membuat lulusan TI dapat mengaplikasikan ilmunya secara nyata untuk kemajuan organisasi. Ia dapat merancang, mengimplementasikan, serta mengevaluasi penerapan teknologi informasi di dalam suatu organisasi.

Salah satu lowongan kerja TI yang banyak ditawarkan adalah sebagai web administrator atau web engineer. Perkembangan teknologi informasi membuat berkembang juga website di dunia maya. Website ini menjadi suatu media untuk penyampaian informasi melalui internet. Untuk dapat membuat website, seseorang harus mendalami berbagai rincian teori pemrograman, yang tentu saja dikuasai oleh sarjana manajemen informatika. Profesi web administrator atau web engineer bertugas untuk merancang website dengan basis fitur, domain, dan berbagai layanan di dalamnya. Selain itu, profesi yang menjadi peluang kerja manajemen informatika prospektif ini bertugas untuk mengembangkan dan memelihara website di suatu organisasi.

Untuk profesi keempat adalah system integrator atau system analyts. Profesi yang satu ini masih berkaitan dengan pemrograman komputer. Tugas dari seorang system integrator adalah menganalisis suatu sistem dan program berbasis teknologi informatika yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan. Setelah melakukan analisis, selanjutnya seorang system integrator dapat menemukan solusi dari permasalahan tersbeut. Solusi tersebut berupa pengembangan atau perbaikan dari perangkat lunak atau software yang dianalisi. Tentunya untuk menjalani profesi ini seseorang harus memiliki kualifikasi yang tinggi di bidang manajemen informatika. Demikian beberapa peluang kerja manajemen informatika yang sangat menjanjikan dalam hal karir dan gaji.

Tags