Perbedaan Teknik Informatika dengan Manajemen Informatika

Apa sih bedanya Teknik Informatika dan Manajemen Informatika ??

Pertanyaan ini sering sekali di tanyakan kepada kami. Banyak diantara Calon Mahasiswa yang salah persepsi tentang hal ini, sehingga mengurungkan niat nya untuk mendaftar jadi mahasiswa STMIK Sumedang. Memang kalau di perhatikan dari kata-kata nya, Teknik Informatika dan Manajemen Informatika berbeda. Banyak diantara calon mahasiswa yang beranggapan Manajemen Informatika itu yang dipelajari tentang Manajemen seperti hal nya kalau kuliah di Program Studi Ekonomi. Tentunya akan menjadi sesuatu yang salah pengertian buat calon Mahasiswa dengan Program Studi Manajemen Informatika, karena pada umumnya calon Mahasiswa menginginkan menjadi ahli Informasi Teknologi (IT) jago program, web programer.. bukan menjadi ahli Manajemen..

Baik disini kami akan sedikit memberikan gambaran tentang ke 2 Program Studi tersebut.

Pertama yang akan kita bahas adalah jurusan Teknik Informatika.

 

Apa Itu Teknik Informatika ?

Teknik Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada Teknik Informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.

 

Lalu Apa Yang Dipelajari di Teknik Informatika ?

Dasar ilmu dalam Teknik Informatika adalah algoritma. Pada Teknik Informatika, mahasiswa akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Secara garis besar materi dalam Teknik Informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain adalah :

 

Sistem Informasi

Memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka Sistem Informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak
      
Rekayasa Perangkat Lunak
Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Analisa dan Desain Obyek, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Basis Data Client Server.
Pemrograman dan Komputasi
Memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem Terdistribusi, Teknologi Antar Jaringan.
Arsitektur dan Jaringan Komputer
Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Arsitektur Komputer, Organisasi Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor, Jaringan Komputer dll.
 
Prospek Lulusan Teknik Informatika
 
Bidang aplikasi komputer sangat luas, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan Teknik Informatika. Jenis pekerjaan yang tepat untuk lulusan Teknik Informatika antara lain adalah: Programmer, Sistem Analis, Web Designer, Software Engineer/Web engineer, Computer network/Data Communication Engineer, Instansi Pemerintah dan Lembaga Penelitian, Lain-lain (perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, konsultan atau dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dll).
 
Selanjutnya adalah Manajemen Informatika yang sebenarnya tidak jauh beda tetapi memang beberapa yang diajarkan sangat berbeda
 
Apa Manajemen Informatika Itu?
 
Perkembangan organisasi dunia usaha dan dunia industri pada saat ini akan sangat mempengaruhi teknologi yang digunakan. Penggunaan teknologi yang tepat akan menghasilkan informasi yang lebih cepat, tepat dan sesuai dan juga komunikasi yang lebih efektif. Kondisi ini akan sangat mempengaruhi pemakaian sumber daya yang dapat menguasai teknologi yang dibutuhkan. Disiplin ilmu Manajemen Informatika memiliki cakupan yang dimulai dari konsep keilmuan hingga pengembangan dalam bidang pemrograman maupun desain.
 
Apa Yang Akan Kita Pelajari di jurusan Manajemen Informatika ?
 
Konsentrasi pembelajaran terbagi menjadi pemrograman dan desain.
Melalui kompetensi mata kuliah sebagai berikut:
 
Bahasa program PHP dan Delphi 
Basisdata Oracle dan MySQL 
Desain grafis,animasi dan multimedia komputer 
Pembuatan dan manipulasi gambar digital 
Pembuatan animasi web dan kartun 
Video editing
 
Peluang Kerja
 
Lulusan program studi Manajemen Informatika diharapkan dapat menjadi individu yang kreatif dan profesional di bidangnya

Tags